Wakil Walikota Apresiasi Digelarnya Wonderful Culinery & Shopping Festival 2016

dibaca 244 pembaca

Wakil Walikota Apresiasi Digelarnya Wonderful Culinery & Shopping Festival 2016

Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi mengapresiasi dengan digelarnya acaranya Wonderful Culinary & Shopping Festival, ini merupakan wujud promosi kepariwisataan di Sumatera Utara khususnya di kota Medan, apalagi kegiatan ini sesuai dengan salah satu dari visi Bapak Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi, yakni ingin menciptakan Kota Medan sebagai kota wisata melalui pegembangan wisata kuliner dan shopping di Kota Medan.

 

Apresiasi ini disampaikan Wakil Walikota Medan saat membuka acara Wonderful Culinary & Shopping Festival di atrium utara Plaza Medan Fair, Selasa (27/9) sore.

 

Pembukaan acara tersebut ditandai dengan pemukulan tagading oleh Wakil Walikota Medan bersama Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Utara Drs Elisa Marbun, Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Medan Drs Hasan basri MM, dan Sekjen Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD Sumut Heri Zulkarnain.

 

Dalam kesempatan tersebut Akhyar mengatakan bahwasanya saat ini brand kuliner di Kota Medan sangat banyak. Banyak makanan tradisional yang belum digali dan tidak kalah lezatnya dengan kuliner lainnya.

 

kita memiliki banyak kuliner khas kota Medan seperti bika ambon, ucok durian, bika panggang dan masih banyak lagi, Ini yang seharusnya kita jual dan bangun bersama-sama. Bayak sekali potensi kuliner dan shoping yang di miliki Kota Medan.

 

Saya yakin soal rasa tidak ada yang dapat mengalahkannya. Hanya terkadang kita tidak mampu dan tidak mau

mengembangkannya,

 

serta telah banyak masyarakat yang terjajah oleh standar-standar internasional sehingga akhirnya khas Kota Medan hilang”, ujar Akhyar.

 

Akhyar juga menambahkan, dirinya telah mengusulkan kepada setiap pengelolah hotel dikota Medan agar menyajikan masakan-masakan khas kota Medan, karena para wisatawan yang datang ke kota Medan pada umumnya ingin menikmati masakan khas kota Medan.

 

Saya mengajak para pengelola hotel untuk menyajikan masakan khas dari kota Medan seperti lontong, gulai kepala ikan, sambal teri kacang, daun ubi tumbuk, ikan saleh, karena pendatang yang menginap di hotel ingin merasakan sajian kuliner khas daerah, namun yang dihidangkan hotel hanya masakan standar hotel berbintang akhirnya banyak orang yang menginap di hotel bintang 5 makannya di kaki 5, tambah Akhyar.

 

Selain itu lanjut Akhyar, Pemko Medan juga saat ini sedang menggalakkan pergelaran seni budaya multi etnik melalui panggung hiburan rakyat yang digelar setiap malam minggu diseputaran Lapangan Merdeka Medan. Panggung hiburan rakyat ini diselenggarakan dalam rangka menghidupkan suasana wisata di Kota Medan dan merupakan upaya Pemko Medan dalam membangun wisata di kota medan sehingga Medan memiliki daya tarik.

 

Pemko Medan sudah 2 minggu melaksanakannya. Etnik Melayu dan Karo sudah ditampilkan dalam panggung tersebut. Insya Allah malam minggu mendatang kita akan tampilkan budaya dari etnik Mandailing, dan akan terus bergulir budaya-budaya dari daerah lainnya setiap malam minggu ujarnya.

 

Sebelumnya Heri Zulkarnain selaku Sekjen Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan kuliner nusantara, khusunya kuliner dari Sumut sebagai salah satu daya tarik wisata baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Kegiatan ini juga dapat memberikan informasi aktual dan akurat mengenai berbagai keragaman kuliner nusantara yang berasal dari berbagai daerah beserta sejarah dan filosfinya.

 

Ini merupakan tugas kita bersama dalam menjadikan Medan sebagai destinasi wisata kuliner kita berusaha mendorong minat masyarakat untuk mengkonsumsi dan mencintai kuliner nusantara, serta menciptakan ikon kuliner nusantara sebagai salah satu kuliner terbaik Indonesia untuk menjadi media promosi wisata Indonesia khusunya di Sumut ungkapnya.