Walikota Ajak Pemuda Membangun Jiwa Nasionalisme Melalui Pramuka

dibaca 305 pembaca

Walikota Ajak Pemuda Membangun Jiwa Nasionalisme Melalui Pramuka

Menjadi pramuka identik menjadi pemuda indonesia yang mencintai tanah airnya yang diwujudkan melalui karya dan pengabdian Pramuka juga dapat dijadikan salah satu wadah bagi pembentukan jiwa nasionalisme dan kebangsaan, terutama bagi generasi muda untuk itulah, pramuka merupakan media yang sangat cocok bagi pemuda indonesia untuk mempraktekan jiwa dan semangat kebersamaan yang ada di diri para pemuda.

 

Hal ini disampaikan Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi saat memberikan arahan dalam rangka peringatan hari pramuka ke-55 tingkat kota Medan, di Lap. Merdeka Medan, Minggu (25/9).

 

Peringatan hari pramuka tahun ini dimeriahkan dengan atraksi baris berbaris dari polisi cilik binaan Polresta Medan dan berbagai atraksi lainya dari para anggota pramuka.

 

Tampak hadir dalam peringatan hari pramuka ini Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi, KA Kwarcab Pramuka Kota Medan M.Husni, SE MSi, para pimpinan SKPD dijajaran Pemko Medan, dan Camat sekota Medan.

 

Dalam arahan Walikota Medan selaku KA Mabicab Pramuka Kota Medan mengatakan melalui gerakan pramuka seorang pemuda akan mendapatkan proses pembelajaran yang sangat mendasar, yaitu tentang tumbuh kembangnya semangat nasionalisme dan kebangsaan yang bertali temali dengan pengembangan sikap kebersamaan, dedikasi tinggi, loyalitas dan kreativitas yang kelak tentu akan sangat berguna bagi kehidupan nyata di masyarakat.

 

Dengan demikian, gerakan pramuka sesungguhnya bisa menjadi medium untuk pendidikan karakter bangsa yang sangat diperlukan di era perubahan sosial yang berhimpitan dengan transformasi modernisasi yang tidak akan bisa ditolak.

 

Karakter dan martabat bangsa dapat kita bangun dengan baik apabila kita sama-sama menyadari makna dari rasa cinta kepada tanah air, untuk itulah, saya mengajak para generasi muda kita agar mau bergabung bersama generasi muda lainya didalam pramuka,karena di pramuka ini jiwa nasionalisme kita akan dibentuk sebagai modal utama pembentuk karakter dan martabat bangsa,ajak Eldin.

 

Selain itu Eldin juga berpendapat bahwa gerakan pramuka menanamkan jiwa dan semangat gotong royong, serta penghargaan kepada kebhinekaan yang ada di Indonesia.

 

Melalui pramuka pula, para pemuda dapat mengembangkan sikap yang menghargai satu dengan yang lainya, sebab di pramuka tidak ada sekat agama, suku bangsa, budaya, dan lainnya, semua menyatu di dalam dharma kepada nusa dan bangsa.

 

Saya berharap para pemuda kita dapat mendharma baktikan dirinya kepada nusa dan bangsa tanpa harus memandang agama, suku ataupun budaya, karena merekalah nanti yang akan melanjutkan pembangunan bangsa ini,harap Eldin.

 

Sementara itu, KA Kwarcab Pramuka Kota Medan M.Husni, SE MSi, menjelaskan ada 4 (empat) pilar di dalam membangun pramuka, pertama yaitu membangun branding ulang pramuka, maksudnya kegiatan pramuka tidak hanya sekedar baris berbaris saja tetapi juga di isi dengan kegiatan yang lebih bermartabat.

 

Yang kedua, membangun jaringan kerja sama pramuka, sedangkan yang ketiga, pramuka harus menjadi agen change pembangunan bagi masyarakat, dan yang ke empat pramuka harus mampu membangun jaringan kemitraan.

 

Ke empat pilar ini yang harus kita bangun dalam memaknai hari peringatan pramuka dikota Medan,ujar Husni di samping itu Husni juga berharap melalui momentum pringatan hari pramuka ini akan terbangun jiwa kepramukaan dikota Medan.