Senam Jantung Sehat Ramaikan Car Free Day

dibaca 301 pembaca

Senam Jantung Sehat Ramaikan Car Free Day

Senam Jantung Sehat meramaikan acara car free day Pemko Medan, Minggu (25/9) di Lapangan Merdeka Medan senam jantung sehat ini digelar oleh Yayasan Jantung Sehat Indonesia Cabang Utama Sumatera Utara dalam rangka  Peringatan Hari Jantung Sedunia dengan menggerakkan masyarakat peduli kesehatan jantung dan pembuluh darah pelaksanaan Hari Jantung Sedunia diperingati di seluruh dunia setiap 29 September.

           

Wakil Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution mengatakan, kurangnya olahraga dan pola makan yang tidak tepat serta seringnya mengkonsumsi makanan cepat saji karena mempersingkat waktu dan tenaga, mendorong penimbunan lemak dan kolestrol sehingga tekanan darah tidak terkontrol. Hal ini menjadi salah satu penyebab seseorang mengidap penyakit jantung dan pembuluh darah.

           

Melalui peringatan Hari Jantung Sehat Sedunia kami mengajak seluruh masyarakat Kota Medan dan sekitarnya untuk tidak henti-hentinya menjaga kesehatan.

 

Jagalah kesehatan dengan dengan berolahraga serta mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi,  ajak Akhyar.

           

Menurutnya penyaklit jantung masih menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia. Sebanyak 17,3 juta orang meninggal setiap tahunnya karena kurangnya kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah kota Medan telah melengkapi sarana olahraga dibaga kesehatan jantung dengan program panca usaha, Seimbang gizi, Enyahkan rokok, Hindari dan hadapi strees, Awasi tekanan darah dan Terartur serta terukur dalam berolahraga (SEHAT) bagi Yayasan Jantung Indonesia.

           

Panca usaha SEHAT ini menjadi cara penting dan ampuh dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, oleh karena itu diperlukan kesadaran dan motivasi dari seluruh masyarakat untuk saling mengingatkan dan terus memberikan contoh kelingkungan sekitarnya, harap Rita.

           

Menurutnya, dua tahun terakhir ini Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama bekerja keras melalui program kertja nyata untuk mengingatkan masyarakat dan mengajak untuk memperhatikan kesehatan jantung dan pembuluh dara melalui program Promotif dan Edukatif, melalui penyediaan  klub jantung sehat yang tersebar di seluruh provinsi Sumatera Utara, saat ini Kota Medan telah terbentuk 22 klub jantung sehat baik di pemerintahan, BUMN maupun di kantor-kantor swasta dengan jumlah anggota klub jantung sehat sebanyak 3.450 orang.

           

Acara ini ditandai dengan peninjauan  permeriksaan, gula darah, jantung, kolestrol, asam urat oleh Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution kepada masyarakat secara gratis.

Sebelumnya, Wakil ketua Yayasan Jantung Sehat Indonesia Cabang Utama Sumatera Utara Hj Rita Mahrani Dzulmi Eldin mengingatkan  masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan jantung  dengan program Panca Usaha, yakni seimbang gizi, enyahkan rokok, hindari dan hadapi strees, awasi tekanan darah dan terartur serta terukur dalam berolahraga (SEHAT).

           

Panca usaha SEHAT ini menjadi cara penting dan ampuh dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Karena itu diperlukan kesadaran dan motivasi dari seluruh masyarakat untuk saling mengingatkan dan terus memberikan contoh kelingkungan sekitarnya,  harap Rita.

           

Menurutnya, dua tahun terakhir ini Yayasan Jantung Indonesia Cabang Utama bekerja keras melalui program kerja nyata untuk mengingatkan masyarakat dan mengajak untuk memperhatikan kesehatan jantung dan pembuluh dara melalui program Promotif dan Edukatif, melalui penyediaan  klub jantung sehat yang tersebar di seluruh provinsi Sumatera Utara.

 

Dia menambahkan, di Kota Medan telah terbentuk 22 klub jantung sehat baik di pemerintahan, BUMN maupun di kantor-kantor swasta dengan jumlah anggota klub jantung sehat sebanyak 3.450 orang.