Rahasia Suksesnya Usaha Modal Kecil Ini Hanya Satu, Kreatifitas

dibaca 310 pembaca

Rahasia Suksesnya Usaha Modal Kecil Ini Hanya Satu, Kreatifitas

Seringkali, keinginan dan tekad kuat memulai usaha milik pribadi kalah oleh kebutuhan akan modal awal untuk memulainya. Hal ini sebenarnya tidak perlu terjadi, bila Anda mampu memaksimalkan kreatifitas yang Anda miliki. Dengan kreatifitas, Anda dapat memulai usaha modal kecil dengan peluang sukses yang sangat besar. Contoh nyatanya adalah Safri Ali.

Pria asal Medan ini sukses dengan usaha kerajinan tangan yang terbuat dari bahan sampah pelepah pisang, batok kelapa, enceng gondok dan lainnya. Namun, bila Anda melihat awal mula dia memulai usaha, mungkin Anda tidak akan percaya bahwa dia hanya menggunakan modal Rp. 10 ribu saja.

Modal Rp. 10 ribu ini digunakan Safri Ali untuk membuat 3 baki kayu yang dia jual seharga Rp. 7 ribu. Ternyata, respon dari teman, keluarga dan orang yang ditawari produk ini cukup baik. Dari sini, akhirnya dia terus mengembangkan usaha modal kecil ini hingga menjadi usaha kerajinan tangan yang cukup besar.

Safri Ali memulai usaha ini pada tahun 1998 dengan memproduksi produk kerajinan tangan yang tidak hanya indah, tetapi juga berguna untuk pembelinya. Produk-produk seperti kotak pensil, kotak tisu dan lampu hias adalah beberapa diantaranya. Yang menarik, salah satu alasan dia memulai usaha ini adalah karena kecintaannya terhadap lingkungan. Hal ini muncul karena dia prihatin dengan masalah sampah yang bertambah parah.

Kini usahanya sudah berkembang dan mampu menjual sekitar 500 buah produk kerajinan tiap bulannya. Tetapi, Safri berusaha membatasi jumlah produk yang dia jual menjadi hanya 50 produk untuk tiap jenis produk. Jadi, nilai eksklusif produknya tetap terjaga dan membuat harganya juga meningkat.

Untuk pemasaran, Safri tidak membidik kota-kota yang memang terkenal sebagai sentra kerajinan tangan, seperti Yogyakarta, maupun Bali. Dia tetap fokus pada kota Medan yang meskipun tidak terkenal sebagai sentra usaha kerajinan tangan, tetapi menurutnya mempunyai peluang bagus.
Menurut Safri, usaha modal kecil yang dia jalankan masih dapat berkembang dan memperoleh keuntungan, khususnya pada momen-momen khusus. Contohnya, pada bulan Maret, diadakan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) di Medan. Event ini menjadi event menggiurkan yang mampu memberikan Safri keuntungan hingga puluhan juta Rupiah.

Apa yang dilakukan Safri ini terbilang sangat wajar dan normal dalam dunia usaha saat ini. Kreatifitas memang dapat menjadi senjata pamungkas untuk sukses dalam usaha pada zaman modern. Hal ini dikarenakan persaingan yang begitu ketat, karena semakin mudahnya mendirikan sebuah usaha. Dengan kreatifitas yang tinggi, maka usaha yang dibangun akan dapat bertahan, serta dapat menghemat biaya dan berpeluang lebih besar untuk sukses dan berkembang.

Jadi, bila Anda ingin mendirikan usaha, Anda tidak perlu khawatir dengan modal. Usaha modal kecil sekalipun akan menjadi pembuka pintu kesuksesan Anda, cukup dengan satu kunci, yaitu kreatifitas.

 

 

Sumber artikel/foto : teropongbisnis.com