Pemko Medan Beri Pembekalan Bagi PNS Yang Memasuki Masa Pensiun

dibaca 445 pembaca

Pemko Medan Beri Pembekalan Bagi PNS Yang Memasuki Masa Pensiun

Ratusan pegawai negeri sipil (PNS) Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang akan berakhir masa tugasnya atau pensiun pada awal tahun 2017 mendapatkan pembekalan guna mempersiapkan masa depan bagi para anggota PNS yang akan memasuki masa Purnabakti. Pembekalan ini berisikan materi tentang ilmu berwiraswasta dan persiapan mental para PNS dalam rangka menghadapi pensiun. Pembekalan bagi PNS Pemko Medan Ini Dibuka Wali Kota Medan diwakili Ph Sekda Ikhwan Habibi Daulay di Gedung P4TK, Jalan Setia Budi, Medan Helvetia, Rabu (21/9). Hadir dalam Pembukaan Sekretaris Korpri Pemko Medan Taufik Bukhori, Pimpinan Bank Mandiri Taspen Pos Robi Putrawan, serta Para Peserta pembekalan.

Diharapkan Wali Kota, kebersamaan ini dapat menjadi spirit sekaligus jembatan hati, sehingga tetap dapat saling mendukung dan memotivasi untuk terus berkarya dalam memajukan serta mendorong pembangunan Kota Medan. "Masa pensiun adalah masa yang secara alamiah akan menghampiri setiap orang. Datangnya sudah pasti berdasarkan pencapaian usia tertentu," ujarnya. Dikatakan Ikwan, Bagi seseorang pengusaha, pensiun berdasarkan indikator usia mungkin bisa lebih, tetapi bagi para PNS sudah jelas diatur dalam PP No. 21 tahun 2014 tentang pemberhentian PNS yang mencapai batas usia pensiun bagi pejabat fungsional yaitu 58 tahun bagi pejabat fungsional ahli muda, ahli pertama, serta pejabat fungsional keterampilan, dan 60 tahun bagi PNS yang memangku jabatan fungsional tertentu lainnya.

"Saat ini juga telah ada Wadah bagi purna bakti atau pensiunan, yakni PWRI. Wadah ini dapat memberikan manfaat yang besar, karena pengalaman dan pemikiran sangat berarti guna memperlancar roda pemerintahan kota Medan kedepannya", ungkapnya. Menurutnya, permasalahan yang sering muncul menjelang pensiun umumnya adalah masalah finansial dan mental. Secara finansial pemerintah telah memikirkan dengan pemberian dana pensiun, dinilai dapat mencukupi biaya kehidupan sehari-hari setelah tidak aktif lagi bekerja.

"saya berharap melalui kegiatan pembekalan ini persoalan tersebut dapat terjawab. Selain itu, hal-hal strategis yang menyangkut setiap permasalahan yang mungkin timbul di masa pensiun juga bisa didiskusikan dalam dua hari pertemuan ini bagaimana agar para pensiunan bisa tetap aktif dan berkarya sesuai dengan kemampuannya , jadi tidak hanya " Mantab" atau makan tabungan saja," katanya. Diakhir Sambutannya Ikhwan Habibi menyampaikan, semua PNS yang akan memasuki masa pensiun tetap bersemangat dan bekerja dengan maksimal sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Sebelumnya Taufik Buckhari selaku sekretaris Korpri Kota Medan mengatakan, kegiatan pembekalan ini dilaksanakan bagi anggota Korpri Kota Medan yang akan memasuki pensiun. Termasuk mempersiapkan masa depan bagi para anggota PNS yang akan memasuki masa Purnabakti. dalam pembekalan yang akan dilaksanakan selama dua hari ini nantinya Para PNS diberikan materi tentang ilmu berwiraswasta dan Mempersiapkan mental para peserta dalam rangka menghadapai pensiun.

Sumber Berita : Dinas Kominfo Kota Medan