Pemko Medan Bongkar Bangunan Diatas Aliran Sungai Bedera

dibaca 492 pembaca

Pemko Medan Bongkar Bangunan Diatas Aliran Sungai Bedera

Pemerintah Kota Medan membongkar bangunan di pinggiran Sungai Bedera, Kamis (15/9/2016) di Jalan Asrama. Disamping itu, aparat Pemko Medan juga melakukan pengorekan terhadap sungai tersebut sepanjang 70 Meter di Jalan Asrama Kelurahan Dwikora, Medan Helvetia.

Pembongkaran ini dilakukan untuk menyahuti keluhan masyarakat Medan Helvetia karena ketika hujan deras turun, diwilayah tersebut sering kali terjadi banjir. Sungai mengalami penyempitan dan pendangkalan sehingga tidak mampu menampung debit air kemudian meluap dan menggenangi rumah warga sekitarnya. Hal ini terjadi akibat aliran sungai tertutup bangunan yang berada diatas aliran sungai tersebut dan membuat terhambatnya aliran air sungai.

Untuk membantu kelancaran proses pembongkaran dan pengorekan, Dinas Bina Marga mengerahkan alat berat berupa Eskavator, Beko dan puluhan truk. Ketika proses pembongkaran dan pengorekan dilakukan, banyak masyarakat sekitar yang ikut menyaksikan. Tampak tidak ada perlawanan oleh masyarakat yang bangunannya dibongkar.

Hal ini dikarenakan pihak Pemko Medan jauh sebelum pembongkaran dilakukan telah memberi peringatan sesuai prosedur yang ada dan memberikan ganti rugi kepada masyarakat yang bangunannya dibongkar. Ir. Sampurno Pohan MT selaku Kepala Dinas TRTB Kota Medan mengatakan, ganti rugi sudah dibayar kepada pemilik bangunan jauh sebelum pembongkaran ini dilakukan, dan semua peringatan sudah dilakukan sesuai dengan mekanisme yang ada. "Kita sebelumnya sudah peringatkan mereka untuk bongkar sendiri. Namun saat ini seperti inilah kondisinya, bangunan mereka berada diatas aliran sungai. Awalnya dulu tidak begitu, namun karena sekarang mereka sudah mendirikan bangunan, akhirnya terjadi penyempitan pada aliran sungai. Sehingga Jalan Asrama sampai Bumi Asri sering terjadi banjir, karena terhambatnya aliran air," jelasnya.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan