Plh Sekda Resmi Membuka Diklat Pelayanan Prima Bagi Aparatur Kecamatan Dan Kelurahan.

dibaca 372 pembaca

Plh Sekda Resmi Membuka Diklat Pelayanan Prima Bagi Aparatur Kecamatan Dan Kelurahan.

Pelayan publik merupakan representasi dari penyelenggaraan birokrasi pemerintahan, karena berkenaan langsung dengan salah satu fungsi pemerintah yaitu memberikan pelayanan public artinya, sebuah kualitas pelayanan publik merupakan cerminan dari sebuah kualitas birokrasi pemerintah.

 

Hal ini disampaikan Pelaksana Harian Sekda Kota Medan Ikhwan Habibi Daulay,SH, MH saat membuka diklat pendidikan dan pelatihan pelayanan prima bagi aparatur pelayanan publik di lingkungan Pemko Medan, Rabu (14/9) di hotel grand kanaya Medan.

 

Hadir dalam diklat ini perwakilan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Ivonne Pongoh MSi selaku pengajar/fasilitator diklat selain itu juga mengundang narasumber dari universitas Sumatera Utara (USU) , dan Motivator dari Star Soft Skill Training Center Bandung.

 

Plh Sekda kota Medan dalam sambutannya mengatakan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan, maka diperlukan bentuk pelayanan prima konsep pelayanan prima ini menjadi model yang seringkali diterapkan guna meningkatkan kualitas pelayanan publik.

 

Selain itu, pelayanan prima merupakan strategi untuk mewujudkan budaya kualitas dalan pelayanan public oleh karena itu, membangun pelayanan prima harus dimulai dengan meningkatkan profesionalisme sumber daya manusia, sehingga nantinya dapat memberikan pelayanan terbaik, bahkan melebihi standar pelayanan yang ada.

 

Yang menjadi orientasi dari pelayanan publik adalah kepuasan masyarakat dalam memproleh pelayanan yang diberikan kepuasan masyarakat ini merupakan salah satu ukuran berkualitas atau tidaknya pelayanan publik yang diberikan oleh aparatur birokrasi pemerintah,kata Ikhwan.

 

Untuk itu, mengingat pentingnya pelayanan prima ini pemerintah kota Medan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan pelayanan prima bagi aparatur pelayanan publik, terutama di tingkat kecamatan dan kelurahan.

 

Pelatihan ini dilaksanakan sebagai upaya konkrit Pemko Medan dalam meningkatkan pengetahuan, kompetensi dan keterampilan dalam melayani masyarakat.

 

Diklat ini saya pandang cukup penting, karena akan meningkatkan pemahaman dan kompetensi para aparatur sehingga mampu memberikan pelayanan publik yang semakin optimal kepada masyarakat ujar Ikhwan.

 

Disamping itu, ikhwan berharap para peserta diklat dapat bersama-sama menggali dan berbagi pengalaman tentang cara terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, sehingga aparatur yang bersangkutan mampu melayani dengan ramah, cakap dan responsif.

 

Saya berharap para peserta dapat mengikuti diklat ini dengan sungguh-sungguh dan menyerap semua materi yang akan diberikan, manfaatkan diklat ini untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi diri, sehingga mampu memberikan kontribusi terhadap kualitas penyelenggaraan pemerintahan daerah harap Ikhwan.

 

Sebelumnya, Kepala Kantor Diklat Kota Medan Fakhruddin SH dalam laporannya mengatakan tujuan diadakannya diklat ini ialah untuk meningkatkan kompetensi aparatur pelayanan publik khususnya di tingkat kelurahan dan kecamatan sebagai aparatur pemberi layanan agar memiliki kemampuan dalam melayani masyarakat.

 

Adapun materi yang diberikan dalam diklat ini, lanjut Fakhrudin, meliputi konsep dan kebijakan pelayanan prima, pola penyelenggaraan pelayanan public membangun pola pikir pelayanan, motto pelayanan, revolusi mental dalam inovasi pelayanan dan pengembangan inovasi pelayanan publik, dan komunikasi efektif dalam pelayanan.

 

Selain itu, memahami kebutuhan pelanggan, complaint handing dan menangani masyarakat yang sulit, bahasa tubuh dan lisan dalam pelayanan serta sikap dan makna dalam pelayanan lanjut Fakhrudin.

 

Diklat ini berlangsung selama 5 (lima) hari kerja, dimulai sejak tanggal 14-20 September mendatang di ikuti sebanyak 70 pejabat/staff potensial dari 9 Kecamatan beserta kelurahan diantaranya kec. Medan Kota, Kec. Medan Area, Kec. Medan Amplas, Kec. Medan Maimun, Kec. Medan Perjuangan, Kec. Medan Baru, Kec. Medan Petisah, Kec. Medan Barat,dan Kec. Medan