Walikota Pimpin Gotong Royong Penanganan Genangan Air

dibaca 372 pembaca

Walikota Pimpin Gotong Royong Penanganan Genangan Air

Keluhan masyarakat terhadap genangan air yang kerap terjadi di jalan candi kalasan, Kec. Medan Petisah langsung direspon oleh Walikota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S MSi dengan menggelar gotong royong bersama dijalan tersebut, Sabtu (10/9) pagi. Walikota memimpin langsung gotong royong tersebut, dengan didampingi oleh Kepala Dinas Bina Marga Kota Medan Khairul Syahnan, ST,M.AP dan Kepala Dinas Pencegah Pemadam Kebakaran Kota Medan M. Tampubolon.

Dengan dibantu oleh petugas dari Dinas Bina Marga kota Medan, Dzulmi Eldin mencari titik penyebab terjadinya genanga air, ternyata genangan air tersebut disebabkan oleh drainase yang mengalami sendimentasi dan gorong-gorong yang ada tidak berfungsi normal sehingga menyebabkan penyumbatan.

Mengetahui hal tersebut, Dzulmi Eldin langsung menginstruksikan agar dilakukan pengorekan parit dengan menggunakan alat berat dan tenaga manual. Kemudian Eldin juga memerintahkan Kadis Bina Marga, Khairul Syahnan untuk membuat gorong-gorong baru sehingga parit dapat saling terhubung sehingga dapat mengalirkan air dengan lancar.

Seluruh lumpur hasil pengorekan parit, selanjutnya langsung diangkut menggunakan truk, sedangkan sisa lumpur yang ada ditrotoar langsung dibersihkan petugas Dinas P2K dengan menyemprotkan air. Bersamaan dengan itu, petugas Bina Marga juga membelah jalan dengan menggunakan alat berat, setelah jalan terbelah,  Kemudian diletakkan box culvert sebagai gorong-gorong. Air yang tadinya tersumbat di drainase perlahan mulai mengalir kembali secara normal.

Menurut Dzulmi Eldin gotong royong yang dilakukan ini untuk menyahuti keluhan masyarakat terkait banjir maupun genangan air. Dzulmi Eldin juga menegaskan dirinya beserta seluruh jajaran Pemko Medan kini terus berupaya sekuat tenaga untuk menyelesaikan satu persatu masalah yang ada di Kota Medan.

Berikan kesempatan kepada kami melaksanakan semua program-program yang telah disiapkan untuk kepentingan masyarakat. Sebab, belum semua bisa kami laksanakan karena keterbatasan anggaran. Meski demikian kami sangat serius melaksanakannya, baik itu kegiatan-kegiatan pembangunan jalan maupun drainase. Apalagi di musim penghujan saat ini banyak terjadi genangan-genangan air di kota yang kita cintai ini, kata Eldin.

Melalui kesempatan ini juga, Dzulmi Eldin mengajak seluruh masyarakat untuk selalu berpikiran positif menyikapi persoalan kota saat ini. Sebab, dirinya bersama seluruh jajaran Pemko Medan terus berupaya menjawab dan menyelesaikan persoalan tersebut.

Tidak bisa seperti membalikkan tangan untuk menyelesaikan persoalan perkotaan yang ada saat ini, semuanya harus dikerjakan secara bertahap, jelasnya.

Untuk itulah Dzulmi Eldin mengingatkan kepada seluruh SKPD di lingkungan Pemko Medan untuk peduli dan bertanggungjawab menyelesaikan seluruh persoalan di Kota Medan.

Apa yang menjadi keluhan masyarakat segera direspon. Kita harus melayani dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Insya Allah, kita akan menyelesaikan satu persatu masalah perkotaan yang ada, ungkapnya.

Dzulmi Eldin juga berpesan kepada masyarakat agar menjaga dan merawat drainase kota yang telah diperbaiki dengan tidak membuang sampah kedalam drainase agar sumbatan tidak lagi terjadi.

Masyarakat jangan lagi membuang sampah sembarangan, cukup ditumpukkan di tempat sampah, nanti ada petugas yang mengangkutnya,pesan Eldin.

 

 

Sumber ; Dinas Kominfo Kota Medan