Kec. Medan Amplas Mewakili Kota Medan Diajang Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Sumut

dibaca 481 pembaca

Kec. Medan Amplas Mewakili Kota Medan Diajang Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Sumut

Kecamatan Medan Amplas mewakili Kota Medan diajang penilaian kecamatan terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara hal ini diketahui saat tim penilaian kecamatan terbaik Provinsi Sumatera Utara yang dipimpin Drs Aswin Lubis melakukan kunjungan ke Kecamatan Medan Amplas, tim disambut langsung oleh Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan Arjuna Sembiring, S.Sos, M.SP, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kota Medan Damikrot, S.Sos, M.Si, Kepala Badan Kepegawaian Kota Medan Lahum SH, MH, dan Camat Medan Amplas Zulfakhri Ahmadi, S.Sos,  di halaman Kantor Kecamatan Medan Amplas, Kamis (8/9).

 

Kunjungan Tim penilai ini bertujuan untuk melihat langsung kondisi dari Kecamatan Medan Amplas,sehubungan dengan Kecamatan Medan Amplas maju mewakili Kota Medan untuk mengikuti lomba kecamatan terbaik  tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2016.

 

Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution dalam kesempatan itu mengatakan, pembangunan pada dasarnya adalah dari, oleh dan untuk rakyat.

 

oleh karenanya masyarakat harus terlibat dalam seluruh proses pembangunan Kecamatan sebagai ujung tombak pemerintah kota yang sangat dekat dengan masyarakat, disamping berfungsi sebagai penyelenggara pelayanan kepada masyarakat juga diharapkan mampu melaksanakan program-program pembangunan yang berbasis masyarakat, misalnya dalam menjaga ketentraman dan ketertiban umum, memelihara prasarana/fasilitas umum, peningkatan kesejahteraan rakyat melalui usaha bersama, serta kegiatan pemberdayaan masyarakat lainnya, sehingga dapat melengkapi dan membantu pembangunan kota secara keseluruhan.

 

Lebih lanjut Akhyar menambahkan, Kecamatan Medan Amplas dalam hal ini juga telah banyak menunjukkan eksistensinya sebagai pelaksana kewenangan pemerintah di tingkat kecamatan.

 

Dari hasil laporan yang diterima, kecamatan Medan Amplas sangat berhasil dalam hal pemberdayaan masyarakat serta secara bersama-sama menjaga ketentraman dan keamanan lingkungan serta kebersihan.

 

Setiap minggu Camat bersama dengan jajarannya secara rutin bersepeda mengelilingi wilayah kerjanya untuk memonitor kebersihan serta mengajak warga untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan dan bergotong royong.

 

Tidak hanya itu saja, Camat juga telah berhasil dalam menggerakkan partisipasi stakeholder pembangunan lainnya melalui program CSR.

 

Melalui program CSR ini sudah cukup banyak pembangunan yang terlaksana, seperti pelayanan untuk bidang kesehatan melalui kegiatan posyandu, bidang pendidikan dalam penyediaan sarana perpustakaan sekolah, bidang ekonomi  terutama pelatihan usaha kecil bagi ibu-ibu rumah tangga serta bidang pembangunan lainnya.

 

Tentu hal ini cukup membanggakan bagi kami, karena bukan hal muda untuk menggerakkan sektor swasta agar berpartisipasi dalam pembangunan kota, namun Pak Camat Amplas cukup cerdas dapat melakukan hal ini,kata Akhyar.

 

Melalui kesempatan ini pula, Ahkyar berharap Kecamatan Medan Amplas dapat terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

 

Serta lebih menggali lagi potensi-potensi yang ada di masyarakat guna mendorong percepatan pembangunan kota yang lebih baik lagi melalui program pemberdayaan masyarakat.

 

saya berharap dengan kunjungan rombongan tim penilai ini dapat memberikan masukan-masukan yang bernas, sehingga kecamatan Medan Amplas terus termotivasi untuk meningkatkan pelayanannya, dan pada akhirnya mampu menjadi salah satu kecamatan terbaik di Provinsi Sumatera Utara,  harap Akhyar.

 

Pimpinan rombongan tim penilai Drs Aswin Lubis mengatakan, penilaian, pembinaan serta evaluasi kepada Kecamatan di Provinsi Sumatera Utara ini setiap tahun dilakukan secara berjenjang, untuk tahun ini dilakukan lomba kecamatan terbaik yang diikuti sebanyak 24 kecamatan yang ada di Provinsi Sumatera Utara untuk dilakukan penilaian  dan akan menjadi duta untuk kecamatan terbaik di tingkat nasional.

 

Menurutnya, kecamatan Medan Amplas memiliki banyak keunggulannya seperti gotong royong yang melibatkan masyarakat, pembinaan lansia, penyelenggaraan pemerintahan, dan koordinasi dengan elemen lain yang ada diwilayahnya.

 

berdasarkan dari data dan ekspose, diakui banyak keungulan yang di miliki kecamatan Medan Amplas, namun kita sadar masih ada kekurangan yang harus terus diperbaiki, semua program tersebut harus ada out-putnya serta grafiknya, sehingga dapat dibandingkan dengan kegiatan-kegiatan tahun sebelumnya, ungkap Aswin

 

Sementara itu, Camat Medan Amplas Zulfakhri Ahmadi, S.Sos dalam eksposenya mengatakan luas wiayah kecamatan Medan Amplas mencapai 137,7 hektar dengan jumlah penduduk 136.820 jiwa terdiri dari 7 kelurahan dan 77 kepala lingkungan, memiliki 68 posyandi dengan 340 kader.

 

Tingkat perekonomian di wilayah Medan Amplas cukup tinggi dengan ditopang industri, dimana dikawasan Medan Amplas terdapat 17 Industri besar, 23 Industri sedang dan seratus lebih home industry.

 

Berbagai program juga telah kita laksanakan di Medan Amplas, baik program peningkatan aparatur, program kemasyrakatan, kebersihan, keamanan dan ketertiban, program 10 pokok PKK, penyuluhan serta program unggulan lainnya, semua program ini dilakukan agar masyarakat merasa terlayani dan juga sadar akan tangung jawabnya dan ikut berperan dalam pembangunan,lanjut Zulfakhri.