Wakil Walikota Medan Terima Kunjungan Dewan Kesenian Kota Palembang

dibaca 312 pembaca

Wakil Walikota Medan Terima Kunjungan Dewan Kesenian Kota Palembang

Wakil Walikota Medan, Ir Akhyar Nasution MSi beserta Ketua Dewan Kesenian Kota Medan (DKM), Rainto Ahgly, Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Medan, Fahmi Harahap, Komite Tari DKM, Syahbilal, dan Ketua Majelis Kesenian Kota Medan (MKM), Choking Susilo S, menerima kunjungan Dewan Kesenian Kota Palembang di kantor Walikota Medan, Selasa (6/9/2016).

 

Rombongan Dewan Kesenian Palembang terdiri dari Kabid Kebudayaan Disbudpar Kota Palembang, Lisa Surya Andika, Guru Besar UIBA/Pakar Sosiologi dan Pengamat Seni, Moestarech Noor Rasyid, Dewan Kesenian Palembang, M Iskandar Sabani, Staf Keuangan Ratih Wulandary SE dan Staf Budaya.

 

Kunjungan ini dalam rangka Dewan Kesenian Kota Palembang ingin mengadakan sharing program dengan Pemko Medan untuk penyusunan Raperda Dewan Kesenian Kota Palembang.

 

Akhyar menjelaskan, DKM diatur oleh Perwal untuk Kota Medan sendiri, ada DKM dan MKM wadah ini dibentuk untuk menyauti seluruh kesenian yang ada di Kota Medan.

 

Kesenian di Kota Medan sempat mati suri, padahal Kota Medan memiliki banyak talenta kita sebagai Pemerintah Kota Medan memiliki kewenangan dalam mengembangkan kesenian yang ada di disini, karena kesenian dan kebudayaan sangat diperlukan, tanpa itu suatu daerah akan senyap, ujar Akhyar.

 

Dalam kesempatan tersebut Akhyar juga mengungkapkan, Pemko Medan membuat pentas seni untuk merangsang dan memotivasi seniman yang ada di Kota Medan agar para seniman tersebut dapat mengembangkan kreatifitasnya.

 

Kota Medan merupakan kota yang multikultural, beragam suku bangsa ada banyak disini sehingga menjadikan kota ini kota yang dinamis ungkap Akhyar.

 

Sementara itu, Lisa Surya Andika selaku Kabid Kebudayaan Disbudpar Kota Palembang mengatakan, di kota Palembang belum ada sama sekali peraturan-peraturan hukum mengenai Dewan Kesenian.

 

Jadi di Kota Palembang, Dewan Kesenian dibentuk dengan SK Walikota, ungkapnya.