Wakil Walikota Sampaikan Nota Jawaban Terkait RPJMD Kota Medan tahun 2016-2020

dibaca 482 pembaca

Wakil Walikota Sampaikan Nota Jawaban Terkait RPJMD Kota Medan tahun 2016-2020

Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi menyampaikan nota jawaban kepala daerah terkait Rancangan Peraturan Daerah Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan tahun 2016-2020.

 

Nota jawaban ini disampaikan Akhyar melalui sidang paripurna DPRD Kota Medan, Selasa (6/9), yang dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua dan segenap anggota DPRD Kota Medan serta para pimpinan SKPD dijajaran Pemko Medan.

 

Dalam nota jawabanya, Akhyar mengatakan salah satu program prioritas pembangunan kota untuk 5 (lima) tahun kedepan adalah pembangunan infrastruktur seperti jaringan jalan, jaringan drainase, dan lainnya.

 

Sedangkan untuk penyediaan fasilitas publik lainnya seperti fasilitas wisata, strategi yang dikembangkan adalah memberikan kemudahan dan insentif berinvestasi bagi sektor swasta, termasuk untuk membangun berbagai fasilitas wisata dan akomodasi pariwisata lainnya sesuai dengan potensi yang dimiliki.

 

Sementara itu untuk sektor pendidikan, lanjut Akhyar, Pemko Medan akan meningkatkan akses dan pemerataan pendidikan diseluruh wilayah termasuk dikawasan pinggiran kota Medan, yang mencakup juga pendidikan PAUD dan pendidikan kejuruan.

 

Selain itu kita juga telah merangcang program penanganan gizi buruk secara berkelanjutan sehingga diharapkan kota Medan akan terbebas dari kasus gizi buruk,lanjutnya.

 

Tidak hanya itu saja, Akhyar juga menyampaikan penataan UMKM yang menjadi salah satu program prioritas pembangunan kota.

 

Dengan dilakukannya penataan UMKM ini, diharapkan pembinaannya dapat dilakukan secara berkelanjutan dan diupayakan dapat melibatkan seluas mungkin pelaku UMKM, guna menjadikannya lebih kompetitif sekaligua dapat merebut pangsa pasar regional yang lebih luas pada masa yang akan datang.