Eldin Hadiri Global Harbor Cities Forum di Taiwan

dibaca 385 pembaca

Eldin Hadiri Global Harbor Cities Forum di Taiwan

Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi menghadiri Global Harbor Cities Forum di Exhibition Center Kaohsiung, Taiwan. Forum ini digelar dalam rangka membahas membahas tentang pembangunan kota pelabuhan masa depan. Selain Wali Kota Medan, kegiatan ini juga dihadiri 25 kota pelabuhan terbesar di dunia seperti Roterdam (Belanda). Selandian Baru, Hongkong dan Singapura.

Event yang berlangsug 6 sampai 9 September ini sebagai platform untuk kerjasama internasional antara kota pelabuhan. Sedangkan tujuannya untuk mendorong transformasi industri dan revitalisasi perkotaan kota pelabuhan dengan menghubungkan kota melalui ekonomi, lingkungan maupun budaya.

Ada sejumlah agenda yang menjadi fokus pembahasan dalam forum yang mengusung tema, “Transformasi dan Kerjasama Harbor Kota” ini yakni transformasi industrial, wisata bahari, kerjasama harbor kota dan perencanaan kota dan pembangunan berkelanjutan.

Di samping itu program ini juga tidak hanya akan mencakup pembicara utama, diskusi panel, pertemuan meja bundar , welcome dinner, tapi juga kunjungan kota yang dirancang untuk menyajikan ide-ide inovatif yang dapat membantu menghubungkan kota pelabuhan global dan memfasilitasi pengembangan lebih lanjut dan kolaborasi.

Eldin didampingi Asiten Pemerintahan, Musadad Nasution, Kadis Pendapatan, M Husni, Kadis Perhubungan, Renward Parapat dan staf Bappeda Kota Medan, sangat menyambut baik digelarnya forum ini. Sebab, pelabuhan selama ini sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi dan pembangunanm perkotaan.

Meski demikian bilang Eldin, kota pelabuhan ini menghadapi tantangan unik seperti persoalan lalu-lintas, dampak lingkungan serta revitalisasi perkotaan. “Semua permasalahan ini akan dibahas dalam forum ini. Itu sebabnya peserta foruim ini merupakan kota-kota pelabuhan di dunia, termasuk Kota Medan,” kata Eldin.

Selanjutnya mantan Wakil Wali kota dan Sekda Kota Medan ini menilai, forum ini sangat penting artinya bagi Pemko Medan. Sebab, Pemko Medan tengah berencana menjadikan Belawan sebagai Water Front City. “Kita harapkan melalui froum ini dapat memberikan masukan-masukan untuk mewujudkan keinginan menjadikan Belawan sebagai Water Front City,” ungkapnya.

Kemudian Eldin pun menyambut baik rencana forum ini akan menjadi acara tahunan. Dengan demikian kota-kota pelabuhan yang ada bisa berkumpul bersama dan terus memberikan masukan tentang pengetahuan maupun pengalaman masing-masing demi kemajuan bersama