PENGARUH KONSUMSI GULA BERLEBIH

dibaca 169 pembaca

Selama ini gula merupakan sala hsatu perasa makanan yang digunakan untuk memberikan cita rasa manis. Gula banyak digunakan sebagai bahan tambahan penyedap masakan, atau sekedar pemanis pada minuman. Jumlah konsumsi gula yang dianjurkan untuk masuk ke dalam tubuh adalah 90 gram atau kira- kira setengah cangkir saja per hari.

Konsumsi gula berlebihan, apabila hanya dilakukan 1 atau dua hari saja mungkin tidak masalah. Namun yang akan menjadi masalah adalah, ketika anda mengkonsumsi gula secara berlebihan setiap hari, bahkan menjadikannya sebagai gaya hidup. Namun, banyak yang belum tahu bahwa jika dikonsumsi secara berlebihan gula bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh seseorang. Berikut ini adalah penjelasan mengenai dampak dan juga bahaya dari konsumsi gula yang masuk ke dalam tubuh anda secara berlebihan :

MERUSAK JANTUNG
Penelitian dalam Journal of American Heart Association pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa kebanyakan mengkonsumsi gula bisa membuat terganggunya cara kerja organ jantung dalam melakukan fungsinya sebagai pemompa darah. Hasil studi tersebut menyatakan bahwa molekul yang terdapat dalam gula yang disebut dengan glukosa 6-fosfat bisa mengakibatkan otot jantung berubah dan apabila hal tersebut terus dibiarkan, maka dapat menyebabkan gagal jantung.

KERIPUT
Inflamasi bukan hanya membuat kulit mengalami pembengkakan, tetapi juga memunculkan keriput. Pasalnya gula menyerang kolagen yang bertugas untuk menjaga kelembapan kulit secara alami.

OBESITAS
Apabila seseorang mengkonsumsi gula secara berlebihan maka resiko tertimbunnya lemak pada lingkar pinggang dan perut Anda semakin meningkat dan bisa menyebabkan obesitas. Kadar lemak yang terlalu tinggi di dalam tubuh akan menyebabkan munculnya banyak sekali gangguan kesehatan yang dapat membahayakan tubuh.

FUNGSI OTAK
Dampak buruk bagi kesehatan akibat mengkonsumsi gula berlebih selanjutnya adalah berhubungan dengan otak. Sebuah penelitan yang dilakukan pada tahun 2009 menunjukan bahwa konsumsi gula memiliki kaitan erat dengan terjadinya penuaan yang terjadi dalam sel-sel otak.

MERUSAK GIGI
Menurut Asosiasi Dental Amerika (ADA) jenis makanan dan juga minuman yang tinggi akan kandungan gula bisa menimbulkan karang dan juga memicu munculnya lubang pada gigi dan sakit gigi. Gula adalah makanan yang dikonsumsi bakteri dan bisa menghasilkan asam yang mengakibatkan gigi berlubang.

DIABETES
bahaya yang sering dikemukakan oleh para peneliti tentang gula adalah resiko penyakit diabetes. Apabila gula dikonsumsi secara berlebihan maka akan membuat sistem insulin dalam tubuh menjadi terganggu dan akibat apabila tidak terkeontrol maka akan meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2.

Dari penjelasan di atas, diketahui bahwa banyak sekai bahaya yang ditimbulkan dari mengonsumsi gula secara berlebih. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat membantu mengatasi konsumsi gula berlebih, antara lain:
- Ganti gula putih atu gula pasir dengan gula merah, karena gula merah memiliki kalori yang lebih rendah
- Selalu buat minuman sendiri, dengan takaran gula yang sesuaikan
- Selalu periksa dan baca terlebih dahul informasi nilai gizi jika ingin mengonsumis minuman kemasan
- Selalu rajin melakukan olahraga yang membakar kalori super banyak dan gerak tubuh untuk membakar kalori yang berasal      dari gula, agar kandungan gula tidak menumpuk di dalam tubuh menjadi lemak.