MAKANAN ANTI PENUAAN

dibaca 282 pembaca

Hampir setiap hari, ada penelitian atau laporan yang membuktikan betapa hebatnya makanan alami dalam menyembuhkan penyakit, meningkatkan kesehatan tubuh, dan menjaga kebugaran tubuh. Walaupun kulit yang keriput dan mengendur menjadi perhatian utama dalam hal penuaan, ada beberapa keluhan kesehatan lainnya yang berhubungan dengan penuaan yang dapat dicegah atau diperbaiki dengan memilh makanan yang baik bagi tubuh.

APEL
Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pikiran dengan semakin bertambahnya usia. Berdasarkan yang dilaksanakan Universitas Cornell, apel mengandung beberapa senyawa yang melindungi otak dari kerusakan neurogeneratif. Neurogeneratif adalah penyakit yang dapat menyebabkan demensia berupa penurunan progresif fungsi kognitif yang dapat mengganggu bobot pikiran dengan rutinitas sehari-hari dan interaksi sosial (analisadaily.com)

APOKAT
Makanan lain yang sering dihubungkan dengan peningkatan kesehatan otak adalah apokat. Buah ini tinggi akan lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh tunggal dapat membantu mengurangi kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular terutama penyakit jantung dan stroke.apokat juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat memerangi alzheimer.

SEMANGKA
Berdasarkan Olena Network blog, semangka merupakan buah anti penuaan yang paling baik karena sangat menghidrasi dan mengandung elektrolit, mineral, anti oksidan, dan vitamin yang penting dalam menjaga proses penuaan. Semua faktor tersebut dapat menjaga kelembaban kulit dan mengurangi kerutan.

BERI-BERIAN
Blueberry adalah buah super lainnya yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan, termasuk segala antioksidan dan flavonoid yang dapat meningkatkan kualitas memori jangka pendek maupun jangka panjang. Sementara itu blcakberry, stroberi dan buah beri lainnya juga dapat meningkatkan kesehatan fungsi otak. Buah beri melindungi sel otak dari kerusakan mengurangi peradangan. Buah-buahan ini juga mengandung vitamin C tinggi yang membantu kolagen kulit agar tetap elastis.

DELIMA
Buah yang satu ini membantu kulit tetap sehat dengan meningkatkan produksi kolagen yang dapat menjaga kulit agar tetap kencang dan bebas kerutan. Buah delima juga mengandung beberapa vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan kesehatan sel.

TOMAT
Tomat kaya akan lycopene. Likopen (lycopene) merupakan senyawa antioksidan yang dapat mencegah bahaya radikal bebas yang merupakan limbah dari hasi metabolisme tubuh. Lycopen juga menjaga kekencangan tubuh, karena mengurangi aktivitas enzim yang memecah kolagen. Lycopen juga dapat melindungi otak dari radikal bebasa yang dapart menimbulkan peradangan dan menyebabkan penyakit seperti alzheimer.