TP PKK Kota Medan Dukung SGF Sumut Gelar Seminar Kanker Serviks

dibaca 562 pembaca

TP PKK Kota Medan Dukung SGF Sumut Gelar Seminar Kanker Serviks

Tim Penggerak (TP) PKK Kota Medan mendukung penuh dan menyambut baik digelarnya Seminar Kanker serviks yang digagas Solidaritas Group Facebook (SGF) Sumut. Diharapkan, seminar yang direncanakan berlangsung selama 2 hari ini dapat meningkatkan pengetahuan kaum wanita di Kota Medan terhadap bahaya kanker serviks tersebut. Dukungan ini disampaikan Ketua TP PKK Kota Medan, Ny. Rita Maharani Dzulmi Eldin diwakili Wakil Ketua II, Asmalita Zulkarnaen didampingi Sekretaris Pokja IV, dr. Nazaruddin dan anggota Pokja III, Ema Damikrot ketika menerima pengurus (SGF Sumut yang diketuai Riza Usty Siregar di Gedung TP PKK Kota Medan, Jalan Rotan Medan, Kamis (1/9/2016).

Dikatakan Asmilita, Ketua TP PKK Kota Medan sangat menyambut baik digelarnya kegiatan ini. Sebab, seminar ini akan memberikan pandangan dan pengetahuan kepada para peserta tentang kanker serviks, termasuk bahayanya. Apalagi diyakini masih banyak kaum wanita yang kurang mengetahui tentang kanker serviks tersebut. "Ibu Ketua TP PKK Kota Medan pasti sangat mendukung dan menyambut baik seminar kanker serviks ini. Apalagi kegiatan ini terkhusus untuk kaum wanita yang sejalan dengan Program PKK Kota Medan. Diharapkan kegiatan seperti ini sebaiknya rutin digelar karena bila sudah dipahami, maka dapat dilakukan pencegahan secara dini," kata Asmilita.

Selanjutnya Asmalita mengajak pengurus SGF Sumut bekerjasama untuk melaksanakan kegiatan, terutama yang sifatnya sosial dalam rangka membantu warga Kota Medan. "TP PKK Kota Medan selalu mendukung dan membuka diri bagi siapa saja yang ingin membuat kegiatan-kegiatan sosial, terutama SGF Sumut," ungkapnya. Sementara itu Ketua SGF Sumut, Riza Usty Siregar didampingi pengurus lainnya yakni Suwandi Siregar dan Purnama Ginting menjelaskan, seminar ini digelar dalam rangka untuk memberikan pemahanan kepada kaum wanita mengenai kanker serviks. Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama dengan TP PKK kota Medan dan Health Word Internasional (HWI).

Direncanakan, seminar akan berlangsung 19 dan 20 September mendatang di gedung TP PKK Kota Medan. "Seminar ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan kepada kaum wanita di Kota Medan mengenai kanker serviks, Kegiatan ini dilatar belakangi rasa prihatin karena masih banyak kaum wanita yang tidak mengetahui tentang kanker serviks. Padahal penyakit itu sangat berbahaya dan mengancam jiwa penderitanya. Dengan seminar ini kita berharap kaum wanita dapat mengetahuinya sehingga mengetahui bagaimana upaya pencegahannya," ungkapnya.

Kemudian Riza memaparkan, seminar ini akan menghadirkan pembicara dari Jakarta yakni dr. Berliana Sofiana. Direncanakan, seminar ini dihadiri sekitar 400 peserta yang terdiri dari anggota TP PKK di kecamatan dan Kelurahan di Kota Medan. Untuk hari pertama Jumat (19/9/2016), kegiatan diisi dengan dialog, sedangkan hari kedua, sabtu (20/9/2016), kegiatan diisi dengan konsultasi. Untuk bisa mengikuti seminar ini, Riza mengatakan panitia hanya mematok biaya Rp 10.000 sebagai uang untuk konsumsi. Riza berharap kegiatan ini berjalan dengan sukses dan lancar, serta memberikan manfaat bagi seluruh pesertanya.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan